INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA BEJIRUYUNG SEMPOR KEBUMEN JATENG, DESA TERBAIK 1 LOMBA GOTONG ROYONG MASYARAKAT TINGKAT PROPINSI JAWA TENGAH 2019, JUARA DESA SIAGA 2018, JUARA TERBAIK 1 LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN KEBUMEN 2019 PENGENTASAN KEMISKINAN BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, JUARA 1 LOMBA SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT 2019 TINGKAT KABUPATEN, JUARA 1 LOMBA POSKAMLING TINGKAT POLRES KEBUMEN, INOVASI DESA GERAKAN BEJIRUYUNG BERSEDEKAH DAN AMBULAN DESA, KAMPUNG PISANG, BANK SAMPAH BERSAHAJA, TAMAN SORGA DESA BEJIRUYUNG.

CORONAPEDIA

CORONAPEDIA

CORONAPEDIA

Baiklah, virus corona (Covid-19) memang pandemi yang harus kita waspadai bersama. Kita tetap wajib antisipasi dan memutus mata rantai penyebarannya. Bersamaan dengan itu, mari kita luangkan waktu sebentar saja untuk muhasabah.

1
Corona adalah mahluk mikroskopis yang kecil sekali sampai tak kasat mata. Ukurannya hanya 120 nanometer. Namun kita menyaksikan sendiri, suatu partikel yang amat kecil ternyata mampu membuat situasi besar. 

Mari mengambil pelajaran dari hal ini, bahwa mudah bagi Allah memperlihatkan sesuatu yang besar hanya dari sebab-sebab kecil. Dari sini bisa menguatkan keimanan kita tentang balasan atas amal perbuatan, meski amalan itu teramat kecil laksana zarrah (partikel debu) kita tak bisa menghindar dari perhitungannya. 

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ. وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَه. 

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula."

(Surat Al-Zalzalah: 7-8)

2
Berbulan-bulan silam, ketika corona mewabah di negeri Tiongkok, kita semua menyaksikan dari jauh bagaimana keadaan genting di sana. Namun, hal tersebut kita tahu hanya sebatas berita saja karena kenyataannya kita hidup di sini dalam keadaan aman dan sehat.

Lantas lihatlah hari ini. Keadaan genting yang dulu hanya berita kini menjadi nyata kita rasakan, dan situasi aman dan sehat sekarang justru laksana berita bagi kita. 

Jangan sampai kita tidak mengambil pelajaran, karena demikianlah kemiripan yang terjadi antara alam akhirat dengan alam dunia. 

Saat hidup, alam akhirat tersebut hanya sebatas berita saja karena kenyataannya kita masih ada di alam dunia hari ini. 

Namun setelah kematian, alam akhirat yang dulu hanya berita, saat itu menjadi nyata kita rasakan. Adapun alam dunia justru akan menjadi laksana berita bagi kita.

3
Semenjak mengetahui sifat penularan corona, kita mulai rajin mencuci tangan, memakai masker, serta menahan kaki ini tidak sering keluar rumah.

Kesimpulannya, virus insya Allah menjauh bagi orang-orang yang selamat menjaga anggota tubuhnya meliputi tangan, kaki, dan mulut. 

Bukankah dosa juga demikian? Pintu perbuatan maksiat banyak masuk kepada kita melalui anggota tubuh tersebut. Maka hendaklah kita selalu berhati-hati menjaga lisan, tangan, dan kaki agar selamat kelak di akhirat. 

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Pada hari (ketika), lisan, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan."

(Surat An-Nur: 24)

Salam Hijrah. 
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung